01 Juni 2011

MINERAL GYPSUM

God Bless Us
GYPSUM

Nama Kimia: Caso4-2(H2O), Calcium Sulfate Class yang Hydrated: Sulfates Uses: plester, dinding menumpang, beberapa semen, pupuk, mengecat pengisi, batu yang berhubungan dengan perhiasan, dll..
Gambar 1.1 mineral gypsum

·         Definisi
                        Kata gipsum berasal dari kata kerja dalam bahasa Yunani     μαγειρεύω, yang artinya memasak. Disebut memasak karena di daerah    Montmartre, Paris, pada beberapa abad yang lalu orang-orangnya    membakar gipsum untuk berbagai keperluan, dan material tersebut        kemudian disebat dengan plester dari Paris. Orang-orang di daerah ini juga        menggunakan gipsum sebagai krim untuk kaki, sampo, dan sebagai             produk perawatan rambut lainnya.
                        Karena gipsum merupakan mineral yang tidak larut dalam air           dalam waktu yang lama, sehingga gipsum jarang ditemui dalam bentuk butiran atau pasir. Tetapi ada suatu kejadian unik di White Sands National             Monument, di negara bagian New Mexico, Amerika Serikat,            terdapat 710 km² pasir gipsum putih yang cukup sebagai bahan baku      untuk industri drywall selama 1000 tahun.
                       
                        Kristal gipsum terbesar dengan  panjang lebih dari 10 meter pernah             ditemukan di Naica, Chihuihua, Mexico. Gipsum banyak ditemukan di    berbagai daerah di dunia, yaitu           Jamaika, Iran, Thailand, Spanyol           (penghasil gipsum terbesar di  Eropa), Jerman, Italia, Inggris, Irlandia,         Manitoba, Ontario, Canada, New York, Michigan, Indiana, Texas,        Iowa, Kansas, Oklahoma, Arizona, New Mexico, Colorado, Utah, Nevada,             Paris, California, New South Wales, Kalimantan, dan Jawa Barat.
http://upload.wikimedia.org/wikipedia/commons/thumb/0/04/Gypsum_Australia.jpg/200px-Gypsum_Australia.jpg
Gipsum 1.2 dari New South Wales, Australia

                        Gipsum adalah salah satu contoh mineral dengan kadar kalsium       yang mendominasi pada mineralnya. Gipsum yang paling umum          ditemukan adalah jenis hidrat kalsium sulfat dengan rumus kimia             CaSO4.2H2O. Gipsum adalah salah satu dari beberapa mineral yang            teruapkan. Contoh lain dari mineral-mineral tersebut adalah karbonat,      borat, nitrat, dan sulfat. Mineral-mineral ini diendapkan di laut, danau, gua      dan di lapian garam karena konsentrasi ion-ion oleh penguapan. Ketika air panas atau air memiliki kadar garam yang tinggi, gipsum berubah menjadi basanit (CaSO4.H2O) atau juga menjadi anhidrit (CaSO4). Dalam keadaan           seimbang, gipsum yang berada di atas suhu 108 °F atau 42 °C dalam air      murni akan berubah menjadi anhidrit.
Gambar 1.3 mineral gipsum

KARAKTERISTIK FISIK:
·         Rumus kimia               : CaSO4·2H2O
·         Sifat kristal                  : Massive
·         Sistem kristal               : Monoclinic 2/m - Prismatic
·         Pecahan                       : Conchoidal
·         Kilap                           : Kaca
·         Warna                          : tak berwarna dan transparan,putih
·         Goresan                       : putih
·         Kekerasan                   : 2
·         Genesis                        : lingkungan sedimen dan sering berselingan dengan                                       batugammping

Tidak ada komentar: